Pondok Pesantren Darul Huffadh, santri dan santriwati yang ingin belajar tak dipungut biaya


SAYA INDONESIA Mengabarkan, Bone - Pondok Pesantren "Darul Huffadh" yang  berlokasi di Dusun Tuju-tuju Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Makanya dikenal juga dengan nama Pesantren Tuju-tuju. K.H. Lanre Said, Ulama Pejuang dari DI/TII hingga Era Reformasi. Beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Darul Huffadz. Dahulu beliau juga dianggap memiliki keistimewaan karena dapat memberi makan seribu lebih santrinya, Para santri di ponpes ini hanya dituntut belajar dan menghafal Al-Qur’an tanpa dipungut biaya. Santrinya pun berasal dari sabang sampai merauke, bahkan ada yang dari Malaysia. pondok pesantren ini sering menempati rangking pertama dalam prestasi dari beragam sisi, termasuk hafalan Alquran disertai penguasaan  bahasa asing (Arab dan Inggris).

Pesantren ini tidak memiliki dana bantuan internasional. Pesantren ini juga tidak menerima apapun dalam bentuk sumbangan, hanya menerima dalam bentuk sedekah yang tidak bersyarat.










Untuk kurikulum pembelajaran di Pesantren Tuju-tuju, masih tetap mempertahankan pelajaran pondok yang lebih dominan dalam keseharian. Seperti nahwu, sharaf, balaghah, durushul lughah, tafsir Al-Qur’an, dan lainnya. Meski terdapat pelajaran yang dikolaborasikan dengan pelajaran umum semisal bahasa Indonesia, kimia, dan fisika, identitas kepesantrenan tetap melekat dalam setiap pembelajaran.

Pesantren Tuju-tuju, juga menggunakan dua bahasa dalam keseharian yakni, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dua minggu penggunaan bahasa Arab dan dua minggu selanjutnya dalam bahasa Inggris.

Buku-buku yang diajarkan bukanlah menjadi tolok ukur dari mutu yang sebenarnya. Inti pelajaran dari salah satu buku wajib di pondok ini adalah bagaimana anak-anak menguasai setiap bahasa dan kosakata baru dan bukan hanya tahu isi cerita dalam buku. Usaha ini bukanlah tidak memiliki tujuan. Akan tetapi Pondok Pesantren Darul Huffadh berusaha membina santri yang kelak bukan hanya mampu membaca buku-buku berbahasa Arab, tetapi juga memahami dari setiap isinya. (27/05/2022)  


Mari "Berbagi Kebaikan" bersama kami, melalui Rekening Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA 

Bank BRI

Nama Rekening : LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT SAYA INDONESIA

Nomor Rekening : 3201-01-011782-53-7



#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA