Penerbitan 1200 NIB Dalam Sehari Di Ponorogo

 

SAYA INDONESIA Mengabarkan, Ponorogo - “Kegiatan hari ini menjadi bukti otentik bahwa Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengambil peran yang begitu serius dalam mendukung kawan-kawan UMKM di Ponorogo, untuk dapat segera memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Dan Alhamdulillah kami mendapatkan dukungan penuh dari kawan-kawan Garda Transfumi yang sangat cekatan dalam membantu penerbitan NIB , dan syukur Alhamdulillah hari ini bisa terbit langsung sebanyak 1200, melebihi target awal 1000 NIB” kata Wakil Bupati Ponorogo Ibu Hj. Lisdyarita.

Universitas Muhammadyah Ponorogo pun tidak tinggal diam dalam peran pemberdayaan masyarakat, dengan melibatkan 100 mahasiswanya, mereka membantu percepatan penerbitan NIB. “Untunglah para Garda Tranfumi Kementerian Koperasi & UKM telah memberikan pelatihan kepada mahasiswa kami di tanggal 28 Maret 2022, sehingga hari ini mereka sumua sudah bisa membantu para Garda Transfumi melayani para UMKM yang hadir di Hall Utama Universitas Muhammadyah Ponorogo untuk menerbitakan NIB” kata Happy Susanto, Rektor UNPO pada Josstoday.com

Kegiatan yang dilakukan penuh selama 1 hari, pada 29 Maret 2022 tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo Ibu Hj. Lisdyarita, dengan hadirnya pula Asisten Deputi Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM, yang diwakili oleh Berry Fauzy, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi & Usaha Mikro, HM. Bedianto, serta beberapa stafnya.

Zaenal Abidin sebagai koordinator lapangan kegiatan ini mengatakan “Pencapaian 1200 NIB hari ini sungguh diluar dugaan kami. Namun Alhamdulillah berkat bantuan 11 Garda Tranfsumi", salahsatu dari 11 Garda Transfumi adalah Ibu Mahani, Ketua  DPW LSM SAYA INDONESIA Provinsi Jawa Timur. (31/03/2022)

#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

#JawaTimur

#Ponorogo

Larangan Siaran Langsung Ibadah Dari Masjid Arab Saudi Selama Ramadhan

SAYA INDONESIA Mengabarkan, Dubai -Arab Saudi telah melarang siaran langsung sholat dari masjid selama Ramadhan.

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah melarang siaran langsung sholat dari masjid selama Ramadhan. Informasi ini disampaikan oleh kantor pers yang dikelola negara, SPA.

Kementerian melarang penggunaan kamera di masjid-masjid untuk merekam para imam dan jamaah selama sholat. Mereka juga melarang dilakukan siarang langsung (streaming) shalat melalui semua jenis media.

Dilansir di Gulf News, Kamis (24/3), langkah tersebut merupakan bagian dari serangkaian pedoman yang dikeluarkan oleh kementerian menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Kementerian mengatakan, organisasi yang berencana mengadakan program buka puasa harus mengajukan izin dan persetujuan dari kementerian. Mereka juga menekankan organisasi non-pemerintah yang membagikan makanan buka puasa kepada jamaah di masjid harus berkoordinasi dengan imam masjid masing-masing.

Organisasi swasta dan individu yang mengadakan buka puasa bersama harus mematuhi pedoman standar dan peraturan yang disetujui oleh Kementerian. Mereka tidak boleh boros dan berfoya-foya saat membagikan makanan buka puasa.

Tak hanya itu, pihak yang mengadakan buak puasa bersama juga diwajibkan menyediakan makanan dari toko-toko yang telah dilisensi oleh pemerintah kota. Jika mereka menerima sumbangan makanan berbuka puasa dalam bentuk barang, mereka harus mengambilnya dari toko yang disetujui.

Adapun organisasi yang berencana mengadakan program Dakwah di sela-sela acara buka puasa harus mengajukan izin.

Lebih lanjut, bagi organisasi yang berencana mengadakan kegiatan buka puasa bersama di dalam tenda Ramadhan harus mematuhi spesifikasi dan standar yang disetujui untuk tenda oleh pihak berwenang terkait.

Selain itu, mereka harus mendapatkan izin dari Pertahanan Sipil untuk mendirikan tenda Ramadhan, serta mematuhi instruksi yang dikeluarkan oleh kementerian dan otoritas yang berwenang untuk mengatasi keadaan darurat.

Pedoman tersebut juga akan berlaku untuk organisasi yang tidak berada di bawah pengawasan Kementerian, jika mereka ingin mengadakan proyek buka puasa di masjid-masjid di seluruh Kerajaan.  (26/03/2022)


Sumber :

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/r98dvo430

https://gulfnews.com/world/gulf/saudi/saudi-arabia-livestreaming-of-prayers-from-mosques-banned-during-ramadan-1.1648049821170


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

Komunikasi Yang Tak Terhubung

Salah satu kelemahan kita di era medsos dan digital saat ini adalah lemahnya penguasaan  narasi atau kecakapan bertutur. Narasi tulisan dan bahkan narasi lisan pun seringkali disalah-artikan. Sehingga perlu yang namanya klarifikasi. 
Gejala apa ini? Beberapa kawan dekat saya, ketika ber-whatsapp atau sms dengan saya, tiba-tiba beralih ke percakapan via telpon. Rupanya ada rasa trauma kalau komunikasi lewat sms atau wa atau messenger. Takut salah paham, katanya.
Ini sebuah gambaran yang ironis dan paradoks, ketika sarana komunikasi justru lebih dimudahkan di era sekarang ini. Tapi justru lebih memilih telponan langsung daripada via sms, wa atau messenger.
Intonasi suara berarti jauh lebih terpercaya untuk menangkap apa maksud yang terkandung pada sebuah permbicaraan daripada lewat tulisan.
Memang sering saya denger kerabat atau kawan saya bertengkar dengan mitra dialognya gara-gara salah menangkap maksud dari obrolan lewat wa atau messenger. Padahal kata-kata atau kalimat yang tertulis sudah sedemikian eksplisit, gamblang.
Berarti ada suasana psikologis yang amat paradoks dengan salah satu motto yang jadi merk atau branding salah sarana komunikasi kita saat ini : CONNECTING PEOPLE.
Ternyata, kemudahan sarana komunikasi dan telekomunikasi saat ini, malah membuat antar manusia tidak saling terhubung. Tidak ada keterhubungan batin. (24/03/2022)

Penulis : DR. Hendrajit (Direktur Eksekutif Globa Future Institute)

#SAYAINDONESIA
#BerbagiKebaikan
#Indonesia

LSM SAYA INDONESIA untuk Palu, Donggala, Sigi

SAYA INDONESIA Mengabarkan, Palu - Peristiwa gempa bumi berkekuatan 7,4 Mw diikuti dengan tsunami yang melanda pantai barat Pulau Sulawesi, Indonesia, bagian utara pada tanggal 28 September 2018, pukul 18.02 WITA. Pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa bumi dirasakan di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Mamuju bahkan hingga Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Makassar. Gempa memicu tsunami hingga ketinggian 5 meter di Kota Palu.

Awalnya sempat beberapa jam DPP LSM SAYA INDONESIA tidak dapat menghubungi rekan-rekan Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah mendapat kabar dari Bapak Kamaruddin M, Ketua DPW Provinsi Sulawesi Tengah, beliau memberi laporan kepada DPP bahwa rekan-rekan disana juga sebagian masih belum bisa dihubungi, artinya belum tahu kabar kondisinya. 

Sehari pasca terjadinya Gempa dashyat tersebut, Tim Kemanusiaan SAYA INDONESIA yang memang secara khusus dibentuk DPW Provinsi SULTENG mulai bergerak untuk membantu saudara-saudara lainnya. Sementara itu DPP yang berpusat di Surabaya bersama DPW JATIM menggalang dana bersama ormas-ormas lainnya seperti Pemuda Pancasila (PP) dan komunitas ojek online. Dan ada pun bantuan donasi dari mahasiswa STIKES Surabaya dan komunitas TKI di Hongkong yang menyalurkan bantuannya melalui LSM SAYA INDONESIA.

Setelah semuanya terkumpul, kami dibantu PT.Wilmar dan PT. Meratus dengan membebaskan biaya pengiriman kontainer ke Palu, Sulawesi Tengah. Tentunya kami atas nama Keluarga Besar LSM SAYA INDONESIA mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telat turut serta "Berbagi Kebaikan" bersama kami. (22/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

#SulawesiTengah



LSM SAYA INDONESIA Peduli Gempa Lombok



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Lombok Utara - Gempa bumi terjadi pada hari Minggu, tanggal 5 Agustus 2018, pukul 18:45:35 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 8,37° LS dan 116,48° BT, dengan magnitudo 7,0 pada kedalaman 15 km. Sebelumnya, pada tanggal 29 Juli 2018 dengan kekuatan M6,4 dengan kedalaman 10 km. Gempa bumi ini menimbulkan kerusakan berat di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur dan berdasarkan informasi dari BNPB hingga saat korban meninggal dunia akibat gempa ini mencapai 105 jiwa. 

LSM SAYA INDONESIA khusunya rekan-rekan di Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, langsung gerak cepat turut serta membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesusahan. Ketua Umum LSM SAYA INDONESIA Bapak Eka S Darmawan, SE pun datang langsung ke Lombok dan ikut menyalurkan bantuan di wilayah bencana di Lombok Utara didampingi Ketua DPW Provinsi NTB, Bapak Rizal bersama rekan-rekan yang lain. Bahkan menyempatkan semalam meninap di lokasi pengungsian.

Bantuan yang kami serahkan berupa mie instant, pampers, pembalut, selimut, air minum dan bebrapa baju layak pakai lainnya. Semua bantuan ini selain dari donatur anggota LSM SAYA INDONESIA baik di DPP maupun di DPW, dan donasi dari masyarakat yang diamanahkan kepada LSM SAYA INDONESIA. (22/03/2022)

#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

#NusaTenggaraBarat

DPD LSM SAYA INDONESIA Kabupaten Pacitan Mengunjungi Panti Asuhan

SAYA INDONESIA Mengabarkan, Pacitan - LSM SAYA INDONESIA merupakan sebuah wadah bagi siapa saja yang ingin berbagi kebaikan yang berkantor pusat di Kota Surabaya, sejak tahun 2015. Dewan Pimpinan Daerah  Kabupaten Pacitan termasuk salah satu perwakilannya yang telah berdiri berdasarkan SK Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Adapun kegiatan prioritas yang di jalankan bersifat sosial dan kemanusiaan yang tidak menutup kemungkinan kegiatan sektor lainnya juga mendapatkan perhatian. Seperti apa yang disampaikan Andi Sanjaya, Ketua DPD Kabupaten Pacitan, Minggu (20/3/2022), ” Saat ini LSM SI Pacitan siap membantu masyarakat dalam kesulitan mengakses program- program pemerintah semampunya supaya mereka mendapatkan hak -haknya, baik yang sifatnya bantuan tidak mengikat atau lainnya dan bersama-sama pengusaha yang ada kepedulian untuk berbagi kebaikan dan akan kita fasilitasi kepada mereka yang membutuhkan”. Termasuk agenda hari ini, SAYA INDONESIA mengunjungi Panti Asuhan yang terletak di Desa Kayen Kec. Pacitan Kab. Pacitan, untuk melihat kondisi yang dikabarkan kurang memenuhi syarat untuk mendapatkan Akreditasi.

Sementara itu penanggung jawab Panti Asuhan Citra Diri, Jaelani, saat dikonfirmasi tentang keberadaannya menyampaikan, “Mengawali berdirinya Panti ini dari awal kita terlibat terus, kita merintis dari nol mulai tahun 2011. Bangunan ini milik yayasan, mulai di cicil dan sekarang sudah lunas terbayar Rp. 325.000.000, tinggal benahi, dibangun biar pantas”.

Selain itu lanjutnya, untuk rencana ke depan pihaknya akan perbaiki fasilitas panti serta mendirikan usaha dagang dan ‘Back up’ stabilitas pengurusnya supaya mereka lebih fokus mengoperasionalkan yayasan. Bahkan saat ini pihaknya bersyukur sudah ada guru – guru TPA dengan 70 an anak asuh di luar panti dan yang di luar panti ada 15 anak.(21/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

#Pacitan

#JawaTimur

MotoGP tahun 96, 97





SAYA INDONESIA Mengabarkan, Bogor - Indonesia juga pernah menjadi lokasi salah satu seri rangkaian balap motor skala dunia tersebut. Yakni MotoGP tahun 1996 dan  tahun 1997 di gelar di Indonesia, tepatnya di lintasan balap Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.






Nama-nama besar di dunia balap hadir saat itu, salah satunya legenda balap Michael Doohan. Tak hanya Doohan, Valentino Rossi juga saat itu sambangi Indonesia. Dilansir dari Kompas.com, kala itu pembalap Valentino Rossi masih berlaga di kelas 125 CC. Ajang balap yang masih bernama Marlboro Indonesia GrandPrix itu menggelar tiga kelas, yaitu GP500, GP250, dan GP125.


Bapak Presiden Soeharto
sempat hadir langsung ke Sentul saat penyelenggaraan. Saat itu, antusias penonton Indonesia sangat besar, sekitar 100 ribu penonton datang menyaksikan secara langsung perhelatan kelas internasional tersebut.

Kini, setelah 25 tahun penantian akhirnya MotoGP kembali ke Tanah Air. MotoGP seri Mandalika direncanakan digelar pada 18-20 Maret 2022. (19/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

KEK Mandalika Dirancang Di Era Pak Harto



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Lombok Tengah - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sesungguhnya proyek lama. Proyek ini dirancang di era Kepemimpinan Bapak H.M.Soeharto, saat Pak Joop Ave menjabat sebagai Dirjen Pariwisata. Pada 1989, Pemerintah menunjuk BUMN Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) sebagai pelaksana proyek. Proyek pengembangan KEK Mandalika mencakup area seluas 1.175 hektar di pantai selatan Pulau Lombok dengan garis pantai sepanjang 9 kilometer di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Di bawah kepemimpinan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, pengembangan Mandalika berlanjut lagi. Pada tahun 2011, Pak SBY meresmikan proyek kawasan pariwisata Mandalika senilai Rp27 triliun dengan masa pembangunan 10 tahun.




Bahkan, Pak SBY pada 2014 menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 52/2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Harapannya pengembangan KEK Mandalika tetap berjalan. (19/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

Jumat BERKAH (Berkarya dan Sedekah)



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Surabaya - Hari Jumat menjadi hari istimewa bagi umat Islam. Hari Jumat adalah hari yang paling mulia dan penuh berkah. Jika dalam satu tahun, ada bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah, maka dalam satu minggu, hari Jumat menjadi hari yang penuh berkah.

Dari sinilah yang menjadi inpirasi kami, sekaligus dijadikan program rutin setiap hari jumat Berbagi Kebaikan Jumat BERKAH (Berkarya dan Sedekah). Awalnya seluruh donatur ialah kawan-kawan LSM SAYA INDONESIA sendiri yang patungan untuk menyiapkan 50 paket yang setiap paketnya berisi 1 bungkus nasi + lauk pauknya, 1 gelas air mineral, yang dikemas dalam 1 tas kresek kecil berwarna putih. Untuk pendistribusiannya, kami keliling untuk membagikannya.





Dengan berjalannya waktu, donatur kegiatan ini bukan saja hanya dari anggota LSM SAYA INDONESIA, tapi juga ada beberapa donatur dari masyarakat yang ingin berpartispasi sehingga jumlah paketnya pun bertambah hingga ratusan paket. Dan kegiatan ini pun ternyata menarik minat kalangan masyarakat yang lain melaksanakan kegiatan serupa. (16/03/2022)

#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

Ajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Di Lombok



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Mataram - Dalam rangka mendukung program Pemerintah di bidang pariwisata, khususnya di Pulau Lombok, yang merupakan salahsatu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Kami atas nama LSM SAYA INDONESIA Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, "Berbagi Kebaikan" dengan membagikan tempat sampah di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tempat sampah yang dibagikan adalah tempat sampah berbahan ban bekas, selain lebih awet, juga untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat penggunaan ban bekas untuk angkutan transportasi di wilayah NTB. Selain dipinggir jalan, kami juga menyerahlan langsung kepada pengelola Masjid, Polindes/Puskesmas, Sekolah dan beberapa tempat pendidikan atau tempat fasilitas umum lainnya. 






Tujuan dari kegiatan ini ialah selain memberikan fasilitas kepada masyarakat, kami juga berpesan kepada masyarakat bahwa Pulau Lombok adalah destinasi wisata, otomatis yang dijual adalah keindahan alamnya. Dan tanggung jawab bersama untuk menjaga keindahan, diawalai dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. (15/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

"Kali ini saya dukung Pak Luhut"



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Surabaya - Ketua Umum LSM SAYA INDONESIA menanggapi pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, bahwa pemerintah akan melakukan audit terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat atau Non-Government Organization yang dinilai kerap menyebarkan berita atau data yang tidak benar. "Kali ini saya dukung langkah Pak Luhut untuk audit LSM, dengan demikian berarti Pemerintah mengakui keberadaan LSM SAYA INDONESIA", ungkap Eka S Darmawan menanggapi pernyataan Menko Marves. Dan kami  LSM SAYA INDONESIA siap dan menunggu langkah konkret Pemerintah", lanjut Eka S Darmawan, SE (Ketum LSM SAYA INDONESIA).  (14/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

LSM SAYA INDONESIA Resmi Berbadan Hukum



SAYA INDONESIA Mengabarkan, Surabaya - Pada tahun 2018, Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA secara resmi menjadi salahsatu perkumpulan berbadan hukum yang diakui oleh Negara Indonesia berdasarakan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ; Nomor AHU-0008995.AH.01.07.TAHUN 2018 ; Tentang : Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA yang ditetapkan di Jakarta, Tanggal 19 Juli 2018.

Pada tanggal 1 Februari 2015, dengan semangat "Berbagi Kebaikan", beberapa aktifitas sosial dilakukan dengan hal-hal sederhana yang secara aktif mengajak saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia melalui media sosial untuk peduli sesama. Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respon yang positif, dan banyak pihak yang menyarankan untuk dijadikan sebuah wadah, sehingga dengan berjalannya waktu dan banyaknya dukungan, maka ditahun 2018 resmi menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA. (13/03/2022)


#SAYAINDONESIA

#BerbagiKebaikan

#Indonesia

Camelia Malik Berbagi Kebaikan

Camelia Malik mengajak Berbagi Kebaikan bersama LSM SAYA INDONESIA 

Lembaga Swadaya Masyarakat SAYA INDONESIA